"Nagur Page Waris Samadiatn' Nang Jauh"

Sabtu, 10 Mei 2008

Laptop Masuk Sekolah


Teknologi dapat digunakan, tetapi hanya akan betul bermanfaat setelah hal-hal (misalnya manajemen) yang lebih penting sudah diatasi duluan. Implementasi teknologi di bidang pendidikan perlu diintegrasikan ke dalam perencanaan terhadap semua aspek pengembangan pendidikan secara seimbang (bukan secara proyek).

Sering pengumuman yang muncul di media mengenai teknologi di arena pendidikan kelihatannya kurang menilaikan penelitian dan pengalaman di dunia pendidikan. Kasus-kasus teknologi dan pendidikan tertentu kelihatannya juga diankat sebagai solusi umum. Padahal ada isu-isu yang penting dan perlu dihadapi duluan misalnya:
Sekolah tak Bisa Tangkal Situs Porno, yang perlu SDM di tingkat sekolah yang sangat bermutu dan rajin.

Memang kita wajib untuk mencari solusi yang kreatif, tetapi kita juga wajib untuk belajar dari pengalaman-pengalaman yang ada di dunia supaya kita tidak hanya mengulangkan kegagalan negara lain. Apakah, karena makin banyak siswa-siswi sekarang main Internet di warnet daripada menggunakan waktunya di rumah untuk mengulang pelajaran dari sekolah dan mengerjakan PRnya ini sebagai salah satu sebabnya hasil dari pendidikan.Ujian Nasional (UN)kelihatannya menjadi lebih buruk?

Sebaiknya pemerintah tetap fokus untuk meningkatkan hal-hal mutu pendidikan di sekolah. Masih banyak masalah yang sangat dasar di tingkat sekolah. Pendidikan Berbasis-Guru yang Mampu dan Sejahtera, di Sekolah yang Bermutu, dengan Kurikulum yang Sesuai dengan Kebutuhan Siswa-Siswi dan "Well Balanced" seimbang, dengan banyak macam keterampilan termasuk teknologi, jangan sampai gur-guru tidak diperhatikan oleh pemerintah yang sangat menyebelahkankan pemberdayaan yang merupakan periuk bagi kaum pejuang tanpa jasa ini. yang Diimplementasikan secara baik adalah solusi utama untuk menyiapkan anak-anak kita untuk menghadapi tantangan-tantangan masa depan.


0 komentar: